10 Makanan Mencegah Gejala Anemia

makanan mencegah anemia

makanan pencegah anemia

10 Makanan Yang Dapat Mencegah Gejala Anemiaistilah anemia sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Anemia merupakan suatu gejala yang diakibatkan tubuh mengalami kekurangan darah. Jika dilihat dari segi persentase resiko, perempuan lebih besar mengalami resiko anemia. lantas apa penyebabnya perempuan memiliki resiko gejala anemia lebih besar dari pada laki-laki?

 

  1. Yang pertama adalah perempuan mengalami menstruasi yang mengakibatkan kehilangan banyak darah. Apabila mengalami pendarahan yang hebat dapat menyebabkan resiko anemia kronis.
  2. Yang kedua adalah ibu yang melahirkan, setiap wanita memang normal banyak kehilangan darah saat melahirkan, jumlah darah yang dikeluarkan pun banyak tentunya tergantung dari lamanya penanganan, semakin lama ibu kehilangan darah dapat mengakibatkan kematian. Itulah alasan seorang ibu memiliki wajah pucat dan lemas setelah pasca melahirkan.

Pada umumnya salah satu faktor penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Fungsi zat besi adalah membuat hemoglobin yang berperan sebagai daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan zat besi akan berakibat terhambat dalam memasok hemoglobin dalam darah yang menyebabkan badan lemas, pusing, anemia, malas, dan pusing.

 

10 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi Sebagai Antisipasi Mencegah Gejala Anemia

Ternyata mencegah gejala anemia tidak hanya dapat diatasi oleh suplemen vitamin seperti sangobion, namun bisa diatasi dengan 10 makanan yang memiliki zat besi yang tinggi. Apa sajakah itu ?

1. Ikan
Sudah tak heran ikan sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan sehari-hari. Dari riset studi juga menunjukkan bahwa salah satu zat besi tertinggi dimiliki dalam kandungan ikan. Selain ikan mengandung zat besi 2,5 – 4 mg zat besi per 100 gramnya juga memiliki omega yang bagus untuk kesehatan otak.

2. Daun Bayam
Orang tua sering mengatakan kepada anaknya selalu makan sayuran karena memiliki zat besi yang bagus. Anggapan orang tua ini memang benar, selain zat besi dalam bayam terdapat kandungan vitamin A. sehingga selain mencegah gejala anemia juga mencegah sakit mata.

3. Kangkung
Kangkung kaya vitamin A, B, C, kalsium, kalium, dan zat besi yang tinggi.

4. Kacang tanah
Mengkonsumsi 100 gram kacang perhari tanah saja, sudah dapat dianggap mencegah gejala anemia karena memiliki kandungan 10 mg zat besi dan 380 kkal energi.

 5. Roti gandum
Selain roti gandum biasa digunakan untuk wanita yang sedang diet, ternyata hasil studi didapatkan hasil bahwa dalam gandum terdapat jumlah zat besi yang cukup untuk tubuh, itulah mengapa konsultan diet menyarankan mengkonsumsi makanan gandum dengan alasan tubuh dapat sehat, tidak lemas, tidak pucat meski saat diet karena sudah tercukupi zat besi dalam gandum.

6. Kismis
Merupakan makanan dari arab, meski bentukya kecil ternyata memiliki zat besi yang tinggi didalamnya yang dapat membantu mengatasi gejala anemia.

7. Telur
Sarapan nasi dengan telur, sudah mengandung energi dan zat besi yang memadai karena mengandung kaya vitamin B, zat besi dan mineral lainnya.

8. Daging sapi
Daging sapi memiliki kandungan 2 – 3 mg zat besi dalam 100 gramnya, namun perlu diperhatikan juga dalam mengkonsumsinya, meski memiliki kandungan zat besi tinggi juga dapat memberikan dampak buruk bagi penderita asam urat atau orang yang berumur karena tidak baik untuk mengkonsumsi daging di masa tuanya.

9. Apel
Apel merupakan buah yang dapat menjaga gusi gigi sehat sekaligus mengandung 0,15 mg zat besi, meski hanya sedikit dalam memerangi gejala anemia tentunya cukup bila dikonsumsi terus-menerus dengan cara dibuat jus atau minuman.

10. Prune
Dalam kandungan memiliki 2 kali lipat dari buah apel yakni sekitar 2,8 mg zat besi yang sangat cocok bagi anda memerangi gejala anemia dengan buah.

 

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>