20 manfaat minum air putih setiap hari bagi kesehatan

20 manfaat minum air putih setiap hari bagi kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

 

20 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari Bagi Kesehatan – Minum air putih merupakan kebutuhan utama bagi tubuh. Manusia sejak dilahirkan memang berasal 100% dari tetesan air yang dilanjutkan membentuk janin. Tubuh seorang anak kecil bayi membutuhkan 95% air setelah berujung dewasa, tubuh memerlukan 80%, itulah mengapa seseorang tidak dapat bertahan hidup jika tidak terdapat asupan air.

Manfaat air putih memang banyak sekali jika diulas, namun fungsi utama air adalah untuk memperlancar kerja seluruh organ tubuh dengan baik. Idealnya tubuh seseorang membutuhkan delapan gelas air putih (2 liter) setiap hari. Dampak langsung atau jangka pendek jika tubuh kekurangan air adalah seseorang akan haus, lemas, tidak produktif atau tidak semangat. Sedangkan untuk dampak jangka panjang adalah dapat merusak organ tubuh salah satu yang sering adalah fungsi ginjal karena dipacu keras menyaring darah akibat proses pengeluaran zat sisa makanan dan limbah serta racun atau toksin. Penelitian ini diperkuat dari pengamatan pasien di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, 80% kebanyakan orang yang mengalami cuci darah setiap 2 minggu sekali akibat gagal ginjal adalah remaja dikarenakan kurangnya minum air putih dan selalu mengkonsumsi minuman yang berbahaya yang meningkatkan energi ataupun stamina, serta tak terlebih lagi banyak pasien beranggapan minuman yang dibutuhkan tubuh pasti berbentuk air, hal ini merupakan kesalahan konsep yang fatal. Air yang dibutuhkan tubuh adalah air putih mineral tanpa zat kimia buatan maupun pengawet.

Sahabat kesehatan, manfaat air putih setiap hari bagi kesehatan tidak diragukan lagi sebagai fungsi kelangsungan hidup.

Berikut ini adalah manfaat 20 manfaat minum air setiap hari bagi kesehatan :

 

1. Mencegah Dehidrasi
Salah satu manfaat air putih yang dapat dirasakan secara langsung adalah mencegah dehidrasi, salah satunya ditandai dengan rasa haus.

2. Menjaga Sistem Pencernaan
Karena cairan terpenuhi, maka cairan tersebut membantu dalam penyerapan dan transportasi nutrisi.

3. Membantu mengeluarkan toksin atau racun
Meminum air putih minimal 2 liter setiap hari dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine atau buang air kecil. Racun dari dalam tubuh pun bermacam-macam didapat khususnya dari limbah makanan atau zat sisa.

4. Menjaga Kulit Untuk Awet Muda
Air putih juga mampu membuat kulit menjadi tampak awet muda sehingga seseorang yang kekurangan air akan tampak kusam dan kulit tampak putih-putih kering.

5. Mencegah Sembelit
Kekurangan air juga dapat mengakibatkan tubuh sulit dapat membuang zat sisa, zat sisa bukan berarti berbentuk air saja, namun zat sisa juga dapat berbentuk kotoran keras yang dibuang melalui buang air besar. Minum air putih dapat memperlancar keluarnya toksin tanpa hambatan.

6. Mengembalikan Tenaga yang Terkuras
Minum air putih setelah melakukan aktifitas akan membantu mengembalikan tenaga yang terkuras terutama pada otak, selain memperlancar peredaran otak dengan udara yang segar juga diperlukan air. Air yang diminum tersebut dapat dirasakan langsung yaitu pulihkan daya konsentrasi dan tak hanya itu air tersebut akan merefresh anggota tubuh lain yang mengalami keletihan.

7. Mengembalikan Mood Yang Buruk
Minumlah air segelas untuk mengembalikan ketika mengalami mood yang buruk akibat pekerjaan yang rumit, masalah sosial dan sebagainya. Air putih yang diminum tersebut akan memberikan merefresh pikiran anda agar segar kembali.

8. Menjaga Fungsi Ginjal
Meski tubuh anda memakan makanan yang tidak mengandung zat kimia sekalipun, tubuh anda juga dapat terserang penyakit ginjal yaitu pada batu ginjal. Batu ginjal ini salah satunya disebabkan oleh lemahnya pembuangan limbah zat sisa makanan ke dalam urine. Salah satu anjuran dokter yakni minumlah air putih 2 liter sehari agar anda tidak mengalami penyakit ginjal.

9. Mencegah Penyakit Ringan
Minum air putih juga dapat melawan penyakit ringan yaitu sariawan, sakit tenggorokan, dan panas dalam.

10. Memperlancar Peredaran Darah
Air dalam tubuh mampu membantu memperlancar sistem peredaran darah, mengkonsumsi air minimal 2 liter dapat membantu dalam proses transportasi dalam tubuh.

 11. Mengobati Sakit Kepala Secara Alami
Jika anda mengalami sakit kepala, jangan berburu untuk meminum obat zat kimia atau obat sakit kepala. Hal ini menyebabkan anda saling ketergantungan, sakit kepala ringan minum obat. Memang zat kimia dapat membantu meringankan sakit kepala dengan cepat karena terdapat kandungan paracetamol, padahal jika ditelurusi lanjut sakit kepala yang dialami seseorang itu terhambat karena sistem peredaran darah kurang lancar. Hal ini cukup diatasi dengan meminum air 2 gelas, serta diistirahatkan 30 menit dan hasilnya lebih baik, alami karena sembuh bukan hasil dari pereda nyeri sementara dari kandungan paracetamol.

12. Membantu Kesehatan Rambut
Meminum air putih juga dapat membantu pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut terutama pada anak kecil yang dibutuhkan asupan air putih harus lebih banyak dari pada orang dewasa.

13. Mencegah Keriput
Air juga memiliki fungsi membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik. Minum air putih juga bermanfaat mengeluarkan kotoran dalam tubuh yang dapat menjaga kesehatan wajah dari dalam.

14. Terhindar Dari Rasa Kram dan Terkilir Pada Saat Olahraga
Hidrasi yang tepat dapat membantu menjaga tulang otot dan sendi untuk dilumasi, sehingga tidak mudah terkena kram ketika melakukan sedang melakukan olahraga.

15. Mengurangi Resiko Kanker
Terkait dengan sistem pencernaan, air putih yang diminum tersebut akan meleburkan toksin melalui urine. Dengan meminum air putih dapat mengurasi resiko kanker pada kandung kemih.

16. Mengontrol Berat Badan
Ternyata sependapat bahwa diet yang paling baik adalah banyak meminum air putih dan olahraga dikarenakan air yang diminum tersebut mampu menahan nafsu makan yang berlebihan.

17. Sebagai Penyeimbang Sistem Getah Bening
Saat sistem getah bening dapat bekerja secara optimal, maka tubuh tersebut akan memiliki daya lawan terhadap penyakit yang kuat.

18. Menjaga Kesehatan Gigi dan Kebersihan Mulut
Fungsi ludah dalam mulut adalah sebagai self cleaning atau membersihkan kuman pada mulut. Untuk memproduksi air ludah dengan baik diperlukan minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter perhari.

19. Mencegah Penyakit Jantung
Jantung yang memiliki fungsi utama mempompa darah tentunya juga memiliki kaitan dengan peredaran darah. Sedangkan peredaran darah juga membutuhkan air, sehingga jantung pun membutuhkan asupan air untuk membantu memperlancar pemompaan darah dalam jatung tersebut. Riset membuktikan mengkonsumsi 5-8 gelas air putih setiap hari dapat menurunkan penyakit jantung sebesar 41 persen.

20. Sebagai Penurun Deman
Sebagian banyak orang menyakini bahwa air putih dapat membantu mengurangi demam, karena air tersebut membantu dalam mengeluarkan penyakit melalui buang air kecil. Minumlah air setiap 2-3 jam sekali satu gelas, sesering anda buang air kecil, maka demam pun turun.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>