5 Fungsi Ginjal Pada Manusia

Fungsi ginjal merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang memiliki bagian kinjerja yang keras. Fungsi utamanya adalah sebagai penyaringan ‘sampah’ dari proses penyaringan darah yang dibuang melalui urin. Sehingga tak heran jika manusia akan mati jika tidak memiliki ginjal karena disebabkan oleh teracuni oleh ‘sampah/zat sisa’ manusia itu sendiri.

5 Fungsi Ginjal Pada Manusia

5 Fungsi Ginjal Pada Manusia

Fungsi Ginjal rata-rata seorang manusia yang normal memiliki 2 ginjal sehat yang masing-masing memiliki 2 laju renal (50 persen : 50 Persen). Renal adalah kecepatan eksresi organ ginjal yang berfungsi sebagai filter glomerulus dan reabsorpsi (kecepatan penyaringan). Sehingga ketika seseorang yang memiliki 1 ginjal yang sehat dapat dikatakan seorang tersebut memiliki 50 persen fungsi renal. Lalu apa maksud dari sini?

Sahabat kesehatan. Darah manusia yang melewati ginjal rata-rata sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit atau diperkirakan hampir kurang lebih 200 liter per/harinya sehingga jika seorang tersebut memiliki fungsi renal 50%, dikatakan ginjal orang tersebut 2x kerja lebih keras dari pada orang normal itupun kalau normal, jika fungsi renal itu turun 20% maka kesehatan anda dalam resiko bahaya. Maka tak luput juga disarankan oleh dokter kepada seorang yang memiliki 1 ginjal (1 renal) adalah tidak boleh kerja terlalu keras, duduk terus menerus dan disarankan juga untuk melakukan terapi atau obat ginjal sebagai pencegahan baca disini.

Berikut ini adalah 55 Fungsi Ginjal Pada Manusia antara lain:

 

1.Filtering Darah
Makanan yang anda konsumsi tentunya mempunyai zat sisa atau toksin(racun) dari proses pencernaan. Zat sisa makanan tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Sehingga jika seorang tidak memiliki fungsi ginjal yang baik maka tubuh orang tersebut akan teracuni oleh zat sisa / toksin yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri. Pentingnya pemahaman filtering harus diperhatikan agar anda tidak berlanganan cuci darah setiap 2 minggu sekali dengan mengeluarkan dana sebesar 1,5 juta rupiah.

2. Menjaga Keseimbangan Zat Asam
Selain menyaring darah, ginjal juga mempertahankan keseimbangan zat asam dari cairan tubuh seorang melalui urine

3. Penyaringan gizi serta zat di dalam tubuh
Zat yang dilalui dalam penyaringan melalui ginjal tidak serta merta dibuang melainkan dikembalikan oleh tubuh jika tubuh tersebut memerlukannya. Zat tersebut dapat berupa glukosa, garam, air dan asam amino.

4. Menjaga Keseimbangan Volume Kimia Darah
Melalui ginjal darah tersebut dipertahankan agar volume darah seimbang. Tanpa adanya kontrol dari ginjal tersebut tubuh akan kekurangan darah dan tubuh menjadi lemas dan sebaliknya tubuh juga akan kebanjiran darah dan membengkak karena oleh ginjal tidak dikontrol.

5. Produksi Hormon
Selain membuang zat sisa atau toksin, ginjal juga berperan sebagai pemroduksi hormon, 3 diantaranya adalah

  1. Renin sebagai pegatur tekanan darah
  2. Erythropoietin (EPO) sebagai perangsang tulang untuk memproduksi sel darah merah
  3. Vitamin D sebagai penjaga kalsium pada tulang manusia
Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>