Akibat Dari Hemoglobin Rendah Pada Tubuh

10 Akibat dari Hemoglobin Rendah HB atau dikenal dengan Hemoglobin merupakan suatu protein pada sel darah yang bertugas membawa oksigen ke dalam tubuh. Maka jika suatu kondisi dimana tubuh kekurangan darah (hemoglobin rendah) yang terjadi adalah oksigen yang semestinya disalurkan oleh protein sel darah menjadi terhambat dan berkurang.

Akibat Dari Hemoglobin Rendah

Stop Hemoglobin Rendah

 

Penyakit hemoglobin rendah sering disebut juga sebagai anemia, hal ini secara umum dibedakan menjadi 2 penyebab yaitu :

  1. Hemoglobin rendah dengan gejala normal

Secara umum gejala ini dianggap normal oleh para medis ataupun masyarakat. Gejala ini biasa timbul akibat seperti keluarnya darah secara berlebihan ataupun kekurangan zat besi seperti ibu yang melahirkan yang mengalami pendarahan, menstruasi, sering donor darah dan pendarahan akibat kecelakaan.

  1. Hemoglobin Rendah disebabkan oleh penyakit atau kelainan

Dalam dunia medis, hemoglobin juga dapat disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan kadar sel darah dalam tubuh menjadi berkurang. Secara umum pria dewasa menghasilkan hemoglobin normal sebesar 14-18 gm, namun hal ini bisa berkurang yang dipengaruhi oleh kanker, penyakit ginjal, leukimia, obat infeksi HIV, sirosis, anemia defisiensi besi, sindrom myelodysplastic, gangguan kelenjar tiroid.

 

10 Akibat Dari Hemoglobin Rendah

Pada saat ini hemoglobin baik yang disebabkan gejala normal maupun disebabkan karena penyakit juga memiliki tingkat bahaya masing-masing. Gejala yang diakibatkan normal seperti kehilangan darah pun bisa menyebabkan kematian jika tidak ditolong secara cepat. Berikut ini adalah 10 akibat dari hemoglobin rendah (kekurangan darah) :

1. Keletihan, Malas, dan Lemas
Akibat hemoglobin rendah yang paling umum di masyarakat dan sebagai gejala awal adalah keletihan. Sering sekali orang yang keletihan menyebabkan aktifitas terganggu seperti mudah mengantuk dan tidak energik.

2. Sesak Nafas
Karena tugas utama hemoglobin adalah mengangkut oksigen yang disalurkan oleh keseluruh tubuh, maka seandainya kekurangan darah, oksigen yang diedarkan pun mengalami kekurangan. Indikasi kekurangan darah adalah sesak nafas.

3. Jantung Berdebar
Akibat dari hemoglobin rendah adalah nyeri pada dada disertai jantung berdebar, hal ini disebabkan oleh tubuh yang menginstruksikan agar memaksimalkan kinerja jantung jika mengalami kekurangan oksigen.

4. Mual
Mual tersebut bisa kadang terjadi, tergantung tingkat kronis dari anemia yang dialami.

5. Wajah Pucat
Pasti akibat wajah pucat menyelimuti bagi penderita anemia ringan maupun berat, maka dari itu seorang ibu usai melahirkan memiliki wajah pucat karena telah mengalami banyak pendarahan.

6. Penurunan Daya Sistem Imun
Karena penderita anemia tersebut mengalami keletihan, lemas dan tidak energik, maka daya tahan untuk melawan penyakit pun menurun sehingga menyebabkan seorang tersebut mengalami sakit-sakitan.

7. Mata Pucat
Akibat lainnya mungkin dapat terlihat maupun samar seperti mata pucat, seseorang yang mengalami anemia akan terlihat pucat ditandai dengan bagian dalam mata seperti orang yang mengantuk berat.

8. Sakit Kepala
Akibat kekurangan oksigen yang dihantarkan keseluruh tubuh terutama otak, mengakibatkan sakit, nyeri pada kepala.

9. Pingsan
Tubuh yang semakin lemas dapat menyebabkan keletihan dan tidak sadarkan diri atau disebut dengan pingsan.

10. Hilangnya Warna Kulit Aslinya
Seperti pada ibu yang usai melahirkan pada point 5, selain wajah kulit terlihat pucat seperti orang yang sakit demam.

 

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat, baca juga selengkapnya 10 makanan mencegah gejala anemia disini. serta baca juga tips-tips lainnya.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>