Apakah Kanker Otak Stadium 4 Bisa Sembuh ? Jawab Dokter

Pasti semua pernah melontarkan pertanyaan “Apakah kanker otak stadium 1,2,3,4 bisa sembuh”, jawabnya adalah bisa iya bisa tidak, mengapa demikian karena dipengaruhi beberapa faktor lain (nanti akan dibahas).

Kalau ada yang beranggapan, apakah kanker otak stadium awal atau satu bisa disembuhkan? Jawabnya bisa, karena pada pertumbuhan sel kanker pada stadium awal sangat lemah dan belum cepat dalam menggandakan diri.

Untuk mengobati kanker otak pada saat ini masih menggunakan radioterapi, kemoterapi dan memungkinkan gabungan keduanya ditambah dengan pembedahan (operasi).

Apa itu Radioterapi, Kemoterapi, Pembedahan ?

 

1. RadioTerapi

Radioterapi adalah radiasi yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker baik itu kanker payudara, rahim, kanker otak yang dikhususkan untuk sel kanker yang letaknya sangat didalam. Proses kerja radioterapi yaitu memusatkan pada satu titik khusus sehingga efek yang diterima juga tinggi.

Radiasi ini tidak hanya menghancurkan sel sel kanker saja, melainkan sel normal juga ikut hancur, namun sel normal/sehat yang hancur bisa pulih kembali.

Banyak sekali efek samping dari radioterapi, tergantung area mana yang terkena sinar contoh untuk kanker otak, maka akan mengalami rambut rontok karena terkena radiasi, kulit kepala gosong / merah, pusing, mual dan sebagainya. Efek samping juga tidak main – main, ada yang hilang minimal satu minggu, ada yang satu bulan bahkan ada yang satu tahun.

RadioTerapi - Pengobatan Kanker Otak Stadium I - IV

RadioTerapi – Pengobatan Kanker Otak Stadium I – IV

 

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan untuk menghancurkan sel kanker sampai ke akar dan menghentikan pertumbuhan sel – sel kanker baik itu di otak, payurada, rahim, ataupun tumor tumor lainnya.

Pengobatan ini dilakukan dengan menyuntikan zat kimia kepada pasien, tak hanya menyuntikan saja, biasanya dalam kondisi sel kanker selalu menggandakan diri dengan cepat ataupun sel kanker tidak bisa hancur karena sudah mengeras, maka dokter selalu menganjurkan penanganan dengan cara pembedahan, dan radioterapi atau gabungan semuanya.

Apa efek yang diterima pasien saat melakukan kemoterapi saja ?

Efek samping ini pasti diterima oleh pasien, karena hampir 80% pasien akan mengalami mual, muntah, pusing, mulut kering, dan sariawan.

Kemoterapi - Pengobatan Kanker Otak Stadium I - IV

Kemoterapi – Pengobatan Kanker Otak Stadium I – IV

 

3. Pembedahan

Pembedahan atau dikenal dengan sebutan operasi yaitu pengobatan yang dilakukan dengan membuka tengkorak kepala (kraniotomi). Tujuan operasi ini adalah untuk mengangkat sel sel tumor sebanyak mungkin.

Pembedahan pun dilakukan apabila kemoterapi dan radioterapi tidak bisa menghancurkan sel kanker otak secara tuntas, terlihat apabila 3 minggu kemudian sel kanker mulai muncul kembali dan menggandakan diri.

Atau juga pembedahan dilakukan oleh anjuran dokter untuk menuntaskan penyakit kanker karena sudah tahap stadium tinggi.

Beberapa efek samping dari pembedahan :

  • Sakit kepala
  • Edema – Masalah ini biasanya timbul akibat cairan cerebrospinal di otak menumpul sehingga mengakibatkan bengkak
  • Infeksi
  • Merusak atau mengurangi daya ketangkasan seseorang contoh masalah berfikir, melihat, berbicara dan mental perilakunya. Sehingga diwajibkan melakukan terapi fisik, terapi bicara dan terapi kerja
pembedahan - Pengobatan Kanker Otak Stadium I - IV

pembedahan – Pengobatan Kanker Otak Stadium I – IV

 

Bagaimana Bila Pasien Takut Dengan 3 Hal Di Atas?

Ada cara lain yaitu dengan perawatan paliatif, apa itu? perawatan ini serupa dengan nonton bioskop yaitu VIP. Dengan perawatan ini pasien dapat penanganan serius dengan artian dokter tidak menganalisis kesehatan fisiknya saja melainkan dokter akan memperhatikan emosional, dan jiwanya sehingga terjalin komunikasi.

Kemungkinan juga dokter akan menawarkan pengobatan diatas, namun dokter juga akan meringankan kekhawatiran pasien sehingga emosinal terkontrol dapat membantu penyembuhan bagi kanker otak dan lainnya.

 

Beberapa Hal Yang Dapat Menunjang Kesembuhan Kanker Stadium Awal Dan Akhir

Memang setelah terserang kanker, tidak akan kembali pulih seperti sediakala contoh seseorang yang ahli menganalisis data maka setelah terkena kanker otak daya berfikir lemah, namun tetap bisa melakukan pekerjaan sebelumnya.

  • Kenali asupan makanan, hindari lele karena lele menyimpan 3000 sel kanker
  • Konsumsi buah naga
  • Konsumsi sarang semut
  • Dukung selalu agar pasien tetap ceria

 

Dengan support dari makanan dan jiwa maka kesembuhan lebih besar, meski kesembuhan berkisar antara 30 –  50 % bukan berarti tidak ada kesempatan sembuh.

Terima kasih semoga sehat selau ^.^

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>