Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Simak 7 Bahaya Asap Rokok Bagi KesehatanMerokok memang banyak disukai oleh banyak pria terutama pada kalangan remaja, sehari tidak menghisap rokok saja rasanya seperti ada yang kurang dimulut. Padahal bahaya asap rokok bagi kesehatan sudah tertera di bungkus yang memperingatkan bahwa ‘rokok dapat membunuhmu’ bahkan sekarang sudah ditampilkan di berbagai media akibat kerusakan organ akibat asap rokok.

 

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

 

5 Bahan Berbahaya Pada Asap Rokok

Sebenarnya bahaya asap rokok sudah disadari oleh perokoknya, namun sering diabaikan karena ketergantungan yang tinggi menyebabkan pemakai enggan untuk meninggalkankanya. Merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan semua organ tubuh. Dampak langsung yang dialami perokok adalah ketergantungan namun untuk kemudian hari akan mengalami sesak napas dan disertai berbagai penyakit turunan seperti bronkitis, asma dll

Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam rokok yang membahayakan kesehatan :

1. Nikotin
Merupakan kandungan yang memberikan efek ketagihan, karena hampir mirip kandungan pada heroin atau kokain, namun pada rokok persentasenya lebih kecil. tanpa nikotin, anda akan mengalami rasa cemas, gelisah dan stress dalam bekerja dan rasa kelegaan itu terjadi ketika si perokok menghisap asap nikotin tersebut.

2. Tar
Tar merupakan bahan bahaya yang terbuat dari 43 unsur kimia, biasa digunakan dalam pembuatan aspal. Jika dihirup akan merusak kesehatan organ paru-paru

3. Karbon Monoksida
Merupakan gas yang terbentuk ketika sudah dibakar, yang memicu kerusakan pada jantung (kardiovaskuler) pada perokok.

4. Karsinogen
Merupakan zat yang terbentuk oleh 60 unsur zat bahaya kimia yang memicu kanker. Karsinogen bersifat mengendap dalam tubuh terutama pada paru-paru.

5. Iritan
Merupakan zat yang mengotori pada saluran paru-paru sehingga menyebabkan batuk pada penggunanya.

 

 

7 Akibat Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Pentingnya sosialisasi mengenai rokok sangat diharapkan oleh petugas kesehatan, namun sering kali juga dihiraukan karena perokok belum terkena dampak secara langsung. Berikut ini adalah dampak bahaya asap rokok dalam jangka panjang :

1. Kanker
Riset penelitian kedokteran menunjukkan bahwa 90% pria lebih tinggi terjangkit penyakit kanker paru-paru dan 80% pada wanita. Tidak lain juga 23 kali lipat resiko pada perokok pasif atau terkena asap rokok sekitar. Mengapa demikian?? Asap yang telah dihisap tersebut merupakan asap bekas dari organ tubuh orang lain, seperti diumpamakan anda memakan makanan sisa orang lain dari tong sampah yang sudah terkena kotoran atau penyakit.

2. Gangguan pernapasan
Bahaya asap rokok dapat menyebabkan hitamnya paru-paru sehingga dapat mengakibatkan seorang tersebut sesak ataupun batuk kronis.

3. Ganguan kehamilan
Perokok pun juga dialami oleh wanita, asap yang masuk dapat merusak kesehatan reproduksi sehingga menyebabkan kemandulan.

4. Jantung
Bahaya asap rokok bagi kesehatan yang paling utama adalah jantung, mengapa demikian? Semakin banyak menghisap asap rokok dapat menyebabkan gangguan penyempitan pada pembulu darah sehingga kesehatan jantung dipaksa bekerja keras untuk memompa darah dan mengakibatkan angina serta dapat menyebabkan komplikasi pernapasan pada paru-paru.

5. Diabetes
Menurut riset penelitian pada RSSA Malang dan telah disosialisasikan ke beberapa sekolah, kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko diabetes meskipun tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga.

6. Penyakit mulut dan tenggorokan
Bahaya asap rokok dalam jumlah yang lama dapat membakar enzim sehingga dapat menyebabkan lubang kanker di tenggorokan, bawah rongga gigi, dan matinya enzim untuk membunuh penyakit gigi.

7. Impotensi
Perokok juga memiliki resiko kerusakan pada reproduksi pria, dalam jumlah yang besar dapat mengakibatkan disfungsi ereksi.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat baca juga tips lainnya disini

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>