Cara Konsentrasi dan Permainan Sederhana Mengujinya

permainan menguji daya konsentrasi

Cara – Konsentrasi secara garis besar mempunyai arti bagaimana memusatkan pikiran pada suatu pekerjaan. Semua pekerjaan yang kita lakukan pasti membutuhkan suatu konsentrasi. Tingkatan konsentrasi antara satu orang dengan orang lain sangatlah berbeda, ada seseorang yang dapat melakukan pekerjaan menjahit, main catur dan membaca yang dilakukan dalam satu waktu bersamaan (multy tasking).

Banyak keuntungan jika memiliki konsentrasi yang baik, meski memiliki konsentrasi hanya pada satu titik pekerjaan namun penuh dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan cepat.

 

Faktor utama yang menyebabkan seseorang mempunyai daya konsentrasi yang tinggi adalah gelombang otak dan lemah kuatnya gelombang otak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antaranya seperti:

1. Rokok
Rokok selain merusak organ lain seperti paru-paru juga merusak otak. Bahkan pendapat sebagian banyak orang yang merokok menyatakan bahwa ‘kalau tidak ada rokok, saya tidak bisa mikir’, ini adalah anggapan yang salah besar. Dalam kandungan rokok terdapat sebuah zat nikotin atau zat yang sangat adiktif yang menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan. Nikotin dapat mempengaruhi keseimbangan kimia pada otak khususnya dopamine dan cairan otak yang memberikan efek rasa bahagia dan rileks. Ketika zat nikotin ini bekerja, maka seorang perokok akan mengalami perubahan level konsentrasi yang tinggi dikarenakan nikotin tersebut memberikan efek nikmat, menyenangkan kepada si perokok. Namun setelah usai merokok, anda akan mengalami kehilangan cara konsentrasi dan tidak hanya itu pula, otak akan mengalami penurunan daya konsentrasi sedikit demi sedikit secara semi permanen.

2. Lelah
Tak dapat dipungkiri, orang yang lelah fisik maupun pikiran juga akan mengalami turunnya daya konsentrasi, hal ini dapat di uji pada orang yang telah melakukan maraton / lari, ketika sudah usai olahraga tersebut anda suguhi dengan soal tes IQ, maka hasilnya akan sangat mengherankan jauh dibawah rata-rata, padahal seorang jika kondisi fit bisa mendapatkan diatas rata-rata. Hal ini membuktikan kelelahan fisik juga dapat mempengaruhi daya konsentrasi. Solusi yang dibutuhkan adalah istirahat atau merilekskan badan.

3. Kurang tidur
Kekurang tidur dapat menyebabkan rasa mengantuk yang tinggi, hal ini juga dapat mengakibatkan seseorang dalam melakukan pekerjaan akan mengalami penurunan daya konsentrasi. Hal ini dapat diatasi dengan tidur sejenak tapi tidak bisa diatasi dengan stimulus buatan seperti kafein pada kopi.

4. Kurang Minum Air Putih
Selain vitamin, otak juga membutuhkan 80% air. Orang yang kekurangan air dapat mengalami daya konsentrasi yang lemah. selain itu 20 manfaat minum air putih juga bisa membantu kesehatan organ lain.

 

Sahabat kesehatan, selain untuk menguji daya konsentrasi melalui tes IQ, juga terdapat tips sederhana bagaimana cara menguji daya konsentrasi pikiran dengan mudah,

1. Melalui Tes Jawab Cepat
Tips pertama merupakan cara lama namun sangat efektif menguji, apakah daya konsentrasi seseorang terganggu atau tidak. Dengan cara menjawaban dengan kecepatan tangkap 0,30 mili second. Salah satu contoh soalnya seperti berikut:

warna dari cendol apa?
daun kelapa warnanya apa?
warna umum rumput?
macan makan apa?
Jika menjawab rumput , berarti salah ,karena macan makan daging

2. Melihat konsentrasi melalui organ mata
Cara ini merupakan cara mudah, namun keakuratannya belum tinggi. Salah satu contoh uji coba konsentrasi dengan melihat gambar dibawah ini. Langkah yang dilakukan adalah dengan melihat bagian tengah, konsentrasikan pikiran anda pada titik tengah agar warna garis bewarna biru tersebut hilang.

 

cara konsentrasi permainan mata

cara konsentrasi permainan mata

 

3. Konsentrasi dengan rileks, pola pikir tajam
Pada tips ketiga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan sekaligus menguji konsentrasi anda. Keuntungan dari sini adalah sebagai salah satu bentuk latihan untuk mengembalikan konsentrasi yang hilang serta mengetahui apakah terdapat gangguan pada konsentrasi pada otak anda. Langkah yang dilakukan adalah.

  • Carilah posisi yang nyaman menurut anda bisa duduk, ataupun tidur.
  • Bernapaslah dengan santai rileks seperti layaknya anda disebuah puncak gunung yang sejuk.
  • Matikan semua perangkat elektronik seperti musik, hingga suara yang didapatkan dari telinga anda adalah netral (suara dari lingkungan sebenarnya)
  • Tutuplah mata anda, buatlah merasa tenang. Berikan perintah pada otak anda dengan mengatakan ‘saya bisa santai, seluruh tubuh saya menjadi sangat santai’. Ulangi kalimat tersebut sampai anda benar-benar merasa santai.
  • Setelah langkah diatas berhasil, langkah berikutnya adalah menguji konsentrasi anda, urutkanlah bilangan ganjil mulai dari angka 1 sampai 100, jika anda salah menyebutkan angka, maka harus diulangi dari awal lagi.
  • Langkah terakhir adalah membuka mata anda secara perlahan dan usahakan rileks pelan-pelan dan anda bisa merasakan perbedaannya.
Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>