Faktor penyebab gagal ginjal

faktor penyebab gagal ginjal

faktor penyebab gagal ginjal

Faktor Penyebab Gagal Ginjal - ginjal merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting, ginjal mirip seperti sebuah kacang yang terletak pada bagian belakang punggung. Fungsi ginjal yang utama adalah menyaring ‘sampah’ atau menyaring dari zat-zat sisa yang dikelola oleh tubuh yang dikenal dengan nama toksin dan dibuang melalui urine. Sehingga tak heran jika manusia tak bisa hidup tanpa sebuah ginjal karena teracuni oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia itu sendiri.

 
Gagal ginjal tidak hanya dialami oleh orang tua yang berusia 40 tahun ke atas namun sekarang juga dapat dialami oleh usia muda. Penyebab gagal ginjal pun bermacam-macam, namun dari riset data penelitian di RSSA Malang, 79% orang yang menghidap gagal ginjal adalah mahasiswa karena disebabkan kurangnya minum air putih dan selalu mengkonsumsi minuman zat kimia berbahaya.

Sahabat Tips Kesehatan, Ginjal memang salah satu organ yang sangat penting, tanpa ginjal manusia dianggap cacat karena hidupnya tergantung pada transfusi darah (cuci darah). Seseorang yang mempunyai satu ginjal (1 renal memiliki kinerja max 50%) sehingga seseorang yang mengalami gagal ginjal tidak dapat bekerja terlalu keras, jika dipaksakan maka dapat menyebabkan kematian.

Faktor Penyebab gagal ginjal terbagi mejadi 3 yaitu :

1. Penyebab prerenal
Faktor penyebab gagal ginjal pertama yaitu prenal, biasanya disebabkan karena aliran darah sebelum mencapai ke ginjal. Pada faktor ini ada beberapa penyebab antara lain:

  • Dehidrasi.Pada faktor ini ditandai dengan diare, deman dan muntah-muntah
  • Kehilangan Darah (Hipovolemia). Biasa terjadi pada bagian tubuh yang terbuka dan mengeluarkan banyak darah. Kehilangan banyak darah ini menyebabkan fungsi ginjal yang bertugas menyaring darah mengalami kekurangan.
  • Kristal. Faktor ini sangat dan paling ditemui karena dalam penyaringan darah melalui pembuluh darah ginjal mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan pembuangan toksin tidak maxsimal dan kristal tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal infeksi.

2. Penyebab renal
Faktor penyebab gagal ginjal yang kedua adalah renal. Merupakan gagal ginjal yang disebabkan penurunan kinerja ginjal itu sendiri. Ada beberapa penyebab antara lain:

  • Sepsis. Infeksi dari sistem imun yang menyebabkan peradangan ginjal
  • Obat-obatan toksik. Obat obatan memang memiliki dapat bersebelahan terkadang dapat menyembuhkan penyakit lain namun pada sisi lain dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini adalah contoh obat toksik yang biasa dipakai oleh masyarakat : antibiotika aminoglikosid merupakan jenis obat untuk melawan bakteri tubuh seperti diare, tipus, jamur dll. Anti Inflamasi Non Steroid merupakan jenis obat untuk mengobati peradangan tubuh. Analgetik merupakan jenis obat yang tergolong seperti meredakan sakit sementara.

3. Penyebab postrenal
Faktor penyebab gagal ginjal yang ketiga merupakan faktor yang disebabkan oleh sesuatu yang menghalangi pengeluaran toksin(racun) melalui urin. Biasanya faktor ini memicu kanker pada saluran kemih, salah satu penyebab paling umum dimasyarakat adalah batu ginjal. Baca juga bagaimana obat pencegahan alami batu ginjal.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>