Fungsi Hemoglobin Bagi Tubuh

3 Fungsi Hemoglobin Bagi TubuhDarah memiliki peranan penting karena manusia diciptakan dari air (mani) yang membentuk segumpal darah. Darah memiliki fungsi vital sebagai cairan yang mengedarkan oksigen, zat-zat kimia lainnya sebagai hasil metabolisme sehingga membentuk suatu sirkulasi dan jantung sebagai pemompa sirkulasi darah.

sampel hemoglobin

sampel hemoglobin

Darah dalam dunia medis sering disebut sebagai hemoglobin. Fungsi hemoglobin yang utama adalah mengangkut Co2 dan O2 dan memiliki komponen protein sebagai pengangkut oksigen. Jika dilihat dari hewan yang berdarah memiliki fungsi yang sama, yaitu mengikat oksigen yang diangkut kedalam paru-paru maupun insang.

Menurut riset penelitian tes darah, seorang yang memiliki darah yang kaya oksigen akan bewarna kemerah-merahan hal ini disebabkan oleh hemoglobin, protein yang mengandung zat besi dalam bentuk hemeprotein.

Kadar hemoglobin dari orang satu dengan lainnya memang sulit dibedakan karena terpengaruh oleh ras, jenis kelamin, umur, dan bangsa. Namun WHO telah mengeluarkan ketetapan kadar hemoglobin yang normal.

 

Kelompok

Umur

HB (gr/100ml)

Anak
  1. 6 bulan sampai 6 tahun

11

  1. 6- 14

12

Dewasa
  1. Laki – Laki

13

  1. Wanita

12

  1. Wanita Hamil

11

 

Faktor yang mempengaruhi kadar hemoglobin :

1. Keseimbangan Besi Dalam Tubuh

Keseimbangan produksi hemoglobin dipengaruhi oleh besi dalam tubuh, sehingga seseorang yang memiliki penyakit anemia akan menyebabkan membentuk sel darah merah lebih kecil.

2. Metabolisme Besi Dalam Tubuh

Terdapat dua bagian dalam besi dalam tubuh yaitu fungsional dan cadangan. Besi fungsional memiliki jumlah berkisar antara 25-25 miligram per kilogram berat badan. sedangkan besi cadangan memiliki jumlah antara 5-25 miligram per kilogram dari berat badan.

 

3 Fungsi Hemoglobin Pada Umumnya

  1. Mengikat Oksigen. Protein dalam sel darah merah memiliki fungsi sebagai mengikat oksigen yang akan disirkulasikan ke paru-paru.
  2. Pertahanan Tubuh. Sirkulasi darah yang terus dipompa oleh jantung dapat mempertahankan tubuh dari serangan virus, bahan kimia, maupun bakteri. Darah tersebut nantinya akan disaring oleh fungsi ginjal dan dikeluarkan melalui urine sebagai hasil toksin dari tubuh.
  3. Menyuplai nutrisi. Selain mengangkut oksigen, darah juga akan menyuplai nutrisi ke jaringan tubuh dan mengangkut zat sebagai hasil dari metabolisme

 

 

 

 

 

Semoga bermanfaat baca juga informasi lainnya disini.

Ay0k! Share Ini..

Comments

  1. By Irwan soeparman

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>