9 Gaya Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

Ingin memberikan calon buah hati yang sehat ? tentu, itulah jawaban yang pasti keluar dari ibunda, karena cabang janin yang dikandung 80% dipengaruhi oleh ibunda selama kurang lebih 9 bulan. Dalam hal ini saya akan berbagi 9 tips gaya hidup sehat bagi ibu hamil.. yuk simak kelanjutannya.

ibu hamil

ibu hamil

9 tips gaya hidup sehat bagi ibu hamil

Memberikan calon buah hati yang sehat merupakan dambaan dan impian seorang ibu dan ayah. Namun bagaimana itu bisa dicapai, pasti tentunya usaha yang baik menentukan kesehatan cabang janin. Berikut ini adalah 9 tips gaya hidup sehat bagi ibu hamil :

1. Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Hal utama yang disarankan oleh dokter adalah makanan sehat, pola sehat ini merupakan prioritas pertama, bagaimana tidak jika ibunda ingin melahirkan anak yang sehat tetapi selama mengandung ibunda mengalami kekurangan gizi dalam makanan.

Untuk memudahkan dalam memilih makanan, ingatlah kalimat 4 sehat 5 sempurna. Salah satu contoh makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah sayuran, ubi jalar, ikan salmon dan susu ibu hamil.

 

Makanan yang harus dihindari Yang dapat Membahayakan Kesehatan Janin:

  • Pengawet / zat adiktif kimia contohnya adalah soda, mie, alkohol dan lainnya
  • Kurangi makanan yang berminyak seperti gorengan, martabak, burger
  • Kopi dan coklat meski boleh tapi hanya pada takaran kecil saja, karena selama mengandung dapat mengakibatkan gangguan pada janin.
  • Mengandung lemak, karena dapat menyebabkan obesitas bahkan diabetes pada anak setelah dilahirkan.

 

2. Mengurangi Aktifitas Yang Melelahkan
Selain dari makanan, aktifitas juga sangat mempengaruhinya contoh saja ibunda yang sedang mengandung sibuk mengerjakan tugas kantor yang menyebabkan stress, mencuci pakaian, dll. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan ibunda dan janinnya. Salah satu contoh aktifitas yang menyehatkan adalah senam kehamilan.

3. Diet Versi Ibu Hamil
Diet yang dimaksud dalam hal ini berbeda dengan diet yang dilakukan pada diet umumnya ataupun juga diet pada penderita diabetes. Diet pada ibu hamil adalah mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuh agar tidak berlebihan, hal ini bertujuan untuk mengontrol berat badan dan mencegah terjadinya diabetes melitus tipe 2 pada janin.

Hal yang paling mudah dalam menerapkan gaya hidup sehat bagi ibu hamil adalah jalan kaki pada pagi hari selama 20 menit dan makan dengan cukup 8/10 dari isi perutnya jangan 10/10 (kenyang).

4. Jangan Terlalu Mengkonsumsi Kopi dan Coklat
Minum kopi dan coklat sebenarnya tidak boleh dalam masa kehamilan, karena kopi dan coklat dapat menyebabkan tekanan darah naik yang dapat berujung pada kesehatan janin dan ibunda sendiri. Minumlah kopi dan coklat hanya seminim mungkin 1 minggu 2 kali.

5. Merokok Pasif dan Aktif
Merokok pada saat kehamilan sudah jelas tentunya dapat mematikan janin, namun tak luput juga resiko 4x lebih berbahaya dari pada merokok yaitu ibu yang selalu menghirup asap rokok orang lain, hal ini zat adiktif kimia dari pembakaran tembakau tidak sempurna lebih berbahaya.

Hal yang paling umum terjadi pada rokok selama ibu mengandung adalah keguguran janin, gangguan oernafasan, melahirkan bayi dengan kondisi berat badan kurang dan ASI nantinya sulit keluar. Baca juga selengkapnya bahaya asap rokok bagi bayi disini.

6. Konsumsi Obat – Obatan
Gaya hidup sehat bagi ibu hamil adalah jangan mengkonsumsi obat-obatan, karena kandungan obat selalu berbahan dasar kimia, tapi jika memang terpaksa seperti ibu sakit konsultasikanlah ke dokter karena resep untuk ibu mengandung janin pasti berbeda dengan resep pada orang sakit umumnya. Hal ini untuk menghindari resiko bayi keguguran, bayi prematur dan autis.

7. Hindari Polusi Udara
Seperti pada rokok yang memiliki dampak buruk zat kimia, polusi juga sama demikian. Polusi yang paling buruk untuk kesehatan ibunda dan janin adalah dari pabrik limbah, sesegera mungkin anda menghindarinya selama masa kehamilan dengan cara ngontrak ataupun ngekost.

8. Posisi Tidur Yang Baik Selama Mengandung
Meski ini hal sepele dapat memiliki tingkat resiko cacat pada janin, hal ini diakibatkan perkembangan janin yang tertindih oleh posisi tidur yang salah. Posisi tidur yang baik telentang, posisi kanan dan kiri, dan jangan melakukan posisi tidur yang tengkurap.

9. Selalu Konsultasikan Kesehatan Janin Anda Setiap Bulan
Selain menerapkan gaya hidup sehat bagi ibu hamil, juga mengkonsultasikan ke dokter spesialis, hal ini berguna untuk mengetahui kesehatan janin anda dan juga mendapat saran-saran dari dokter.

 

 

 

Terima kasih, semoga bermanfaat baca juga tips lainnya disini

 

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>