9 Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Jantung

9 Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Jantung ~ Ingin jantung sehat?, semua orang juga sangat berharap seperti itu. Seseorang yang sudah terkena diagnosis oleh dokter sebagai penderita sakit jantung, tentu akan mengalami depresi bahkan stress. Bagaimana tidak depresi, seseorang yang sudah terkena penyakit jantung, nyawanya tergantung pada satu organ vital ini. Namun jangan khawatir pada laman ini saya akan berbagi 9 tips gaya hidup sehat untuk mengurangi resiko penyakit jantung

penderita jantung

penderita jantung

9 Tips gaya hidup sehat bagi penderita jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai memompa darah, jika organ ini terkena gangguan maka secara langsung akan berdampak pada organ lain seperti aliran darah terganggu dan daya tahan tubuh lemah. Sedikit stress dan kaget dapat menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan meninggalnya dunia.

Penyakit jantung memang banyak penyebabnya, namun dari data penelitian penyakit ini banyak menyerang pada penderita diabetes, kegemukan, dan penyakit riwayat dari orang tua. Maka dari itulah dokter selalu menyarankan kepada obesitas (kegemukan berlebihan) agar sesegera mungkin melakukan diet, dengan tujuan dapat terhindar dari penyakit diabetes dan jantung.

Berikut ini adalah 9 tips gaya hidup sehat bagi penderita jantung :

1. Berhentilah Merokok
Sudah jelas tentunya, seseorang yang merokok dalam satu batang dapat menghisap lebih dari 600 bahan zat kimia berbahaya bahkan di dalam rokok pun sudah diberikan label bahwa merokok dapat menyebabkan jantung, kanker dan sebagainya. Namun baru-baru ini digemparkan oleh rokok elektrik yang aman, apakah ini benar?

Dr. Oz Indonesia sudah membahas hal ini di salah satu acara Televisi, bahaya asap rokok elektrik memang tidak menyengat bagi perokok pasif karena asap tersebut bukan hasil dari pembakaran melainkan pemanasan dari sebuah baterai. Namun bagaimana dengan kandungan rokok elektrik tersebut? Dr. Oz Indonesia sudah menegaskan bahwa rokok elektrik maupun konvensional sama-sama berbahaya karena mengandung unsur utama rokok yaitu nikotin.

2. Tidur Tepat Waktu
Tidur tidak tepat waktu dapat mengakibatkan bukan hanya gangguan pada jantung saja tetapi pada organ lainnya. Hal ini dikarenakan pada jam tertentu organ mempunyai tugas membuang racun (toksin) dalam tubuh. Jika pada jam tertentu dilewatkan maka sama halnya, anda menumpuk racun dalam tubuh. Tidur yang baik adalah dimulai pukul 21.00 – 05.00. Baca selengkapnya bagaimana 11 akibat kekurangan tidur dan jam tertentu pada organ berfungsi sebagai membuang racun.

3. Olahraga
Latian seperti jogging, bersepeda, berenang dapat memberikan latihan terbaik dalam jantung untuk berdenyut sehat. Namun untuk bagi yang tidak menyukai olahraga berat lakukanlah jalan ringan di pagi hari selama 2 jam, menurut penelitian seseorang yang berjalan kaki sekiranya 2 – 3 jam perhari dan di pagi hari dapat memperoleh dua manfaat yaitu menurunkan sepertiga resiko penyakit jantung dan mensirkulasi pernapasan yang baik untuk paru-paru karena udara pagi sangat baik buat kesehatan tubuh.

4. Kurangi Makanan Berlemak Jenuh
Lemak yang baik dibutuhkan tubuh adalah lemak cair, seperti yang terdapat pada ikan. Lemak pada ikan di negara jepang sangat diburu dan disukai karena banyak memberikan manfaat bagi tubuh serta mengandung omega 3 dan dapat menurunkan risiko jantung, mengurangi kadar kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Lemak jenuh banyak ditemui pada makanan amerika dan siap saji seperti burger, goreng-gorengan, pizza dan sebagainya.

5. Berhenti Meminum Bersoda
Pola gaya hidup sehat bagi penderita jantung memang ribet dari segi asupan terutama minuman. Dalam hal ini minuman bersoda mengandung unsur pemanis buatan, dalam sebuah penelitian telah didapatkan meminum 1 botol minuman bersoda setara mengkonsumsi setengah gula pemanis buatan. Caranya pun cukup mudah membuktikannya dengan cara mendidihkan minuman bersoda sampai kering dan hasil yang tertinggal adalah lengketan seperti gula, itulah pemanis buatan. Bagi tubuh minuman bersoda dalapat mengakibatkan resiko lebih besar terkena jantung koroner.

6. Minum Teh Hijau
Teh hijau sangat disukai oleh penduduk jepang sebagai pola gaya hidup sehat dan memiliki tingkat rekor kesehatan paling tinggi di dunia. Apa itu rahasianya ?

Teh hijau mengandung anti oksidan yang dapat menjaga pembuluh darah dan menjaga kesehatan jantung, orang jepang selalu mengkonsumsi teh hijau sebagai penutup mulut.

7. Berjemur
Vitamin D yang paling baik adalah dari matahari, sebuah riset penelitian dari california seseorang yang berjemur di pagi hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung kurang lebih 30 persen.

8. Konsumsilah Makanan Sehat
Menjaga asupan sebagai gaya hidup sehat memang sulit apalagi jika sudah terkena serangan penyakit. Makanan dari nenek moyang sampai sekarang yang paling baik adalah sayuran, karena sayuran merupakan makanan alami dan tidak aneh seperti pada makanan jaman sekarang yang mengandung pengawet, zat kimia dan sebagainya. Untuk penderita jantung konsumsilah sayuran, gandum, outmeal, dan ikan. Karena makanan ini sangat tergolong aman dan sehat.

9. Jangan Stress, Dendam
Stress, dendam, patah hati, amarah dan segala sesuatu yang dapat memusatkan tekanan batin dapat menyebabkan resiko tinggi penyakit jantung. Mengapa demikian bisa terjadi ? alasannya pada saat seseorang terkena efek batin yang tinggi secara langsung menekan pembuluh arteri terbesar yang terletak pada kiri jantung yang bertugas memasok darah dari kepala, sehingga jika stress dapat menyumbat pembuluh arteri kiri jantung (aorta) tersebut.

 

 

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>