9 Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Wanita

Menjadi wanita sehat memang sangat sulit apalagi jika tidak didampingi dengan pola hidup yang sehat dan masih banyak pula rintangan yang harus dihindari contohnya seperti memakan makanan yang berlemak, karena wanita lebih besar memiliki resiko obesitas ketimbang pria. Tak hanya itu wanita memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat pria sehingga wanita lebih rentan terkena penyakit.

Menerapkan gaya hidup sehat bagi wanita memang mutlak diperlukan, agar wanita terhindar dari penyakit, letih, lesu, menurunkan resiko kegemukan (obesitas) dan sebagainya.

gaya hidup sehat wanita

gaya hidup sehat wanita

 

 

9 Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Wanita

Menjadi wanita yang sehat, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cukup memerlukan konsisten dan waktu luang untuk menerapakan pola hidup sehat. Berikut ini saya bagikan 9 tips gaya hidup sehat bagi wanita :

1. Memilih Asupan Makanan
Kebanyakan wanita remaja menyukai makanan yang terdapat di café-café, karena cukup simple dan tidak perlu repot memasak. Saya tidak mengatakan makanan café itu buruk semua, yang tidak baik adalah makanan yang dipilihnya seperti nasi goreng, makanan pedas, dan ayam yang dikonsumsi setiap hari.

Apakah anda masih ingat, makanan apa saja yang paling sehat ? , jawabannya tentu 4 sehat 5 sempurna, meski merepotkan akan lebih baiknya kita menerapkan cukup pola makan sehat seperti mengkonsumsi sayuran, ikan, dan buah. Bahkan menurut pengamatan perawat RSSA Malang wanita yang sederhana lebih sehat dibandingkan wanita yang kaya, karena wanita yang sederhana hanya mengkonsumsi makanan nasi, sayuran, ikan jika memungkinkan pun wanita sederhana hanya membeli jeruk, berbeda dengan wanita yang kaya yang hidupnya serba simple dengan mengkonsumsi makanan dan minuman di tempat makan. Bahkan data dari perawat RSSA mengatakan kebanyakan remaja kuliah telah melakukan cuci darah setiap 2 minggu sekali dikarenakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memacu kerusakan ginjal.

2. Minumlah Air Putih
Manfaat air putih memang banyak, salah satunya adalah menjaga kestabilan pencernaan dan melancarkan pembuangan racun (toksin) dan terhindar dari penyakit ginjal. Bagi wanita minum air putih dapat di manfaatkan sebagai menjaga kulit tetap sehat. Agar lebih jelasnya baca 20 manfaat minum air putih bagi kesehatan.

3. Berhentilah Merokok
Bagi wanita merokok dapat menyebabkan kemandulan serta timbulnya penyakit kronis lainnya seperti jantung, sesak napas, asma dan sebagainya. Baca selengkapnya bahaya asap rokok bagi kesehatan.

4. Rutin Olahraga
Pemilihan olahraga bagi wanita memang banyak manfaatnya, baik untuk mengencangkan otot-otot agar terlihat seksi dan cantik juga memperlancar peredaran darah. Salah satu olahraga yang membuat kulit wanita kencang adalah aerobic. Namun bila anda tidak mempunyai waktu lebih, cukupkanlah untuk jalan ringan pada pagi hari, menurut penilitian, seorang yang berjalan pagi hari selama 2-3 jam dapat memperoleh 2 manfaat yaitu :

  • Memperlancar peredaran darah dan terhindar dari penyakit jantung
  • Mensirkulasi pernafasan udara pada paru-paru

5. Jangan Makan Terlalu Banyak
Bagi wanita yang memiliki tubuh ideal alangkah baiknya mengkonsumsi makanan 3x sehari dan hindari ngemil, namun ini tidak berlaku pada wanita yang kurus yang harus mengutamakan makan yang banyak agar memperoleh tubuh ideal. Sebenarnya anda dapat meniru pola gaya hidup wanita jepang, mengapa harus wanita jepang ? jepang memiliki tingkat kesehatan paling tinggi dan memiliki tingkat obesitas terkecil di seluruh dunia. Bagaimana bisa hal itu terjadi, berikut ini adalah ulasan tips gaya hidup sehat orang jepang.

6. Tidur Tepat Waktu
Ternyata tidur tidak tepat waktu dapat memicu kegemukan looh ? bagaimana bisa ?, secara tidak anda sadari, saat malam tubuh akan merasa lapar dan secara insting, pasti anda akan mengambil makanan untuk menahan rasa lapar, inilah yang menyebabkan kegemukan.

Namun bukan hanya itu akibat kekurang tidur juga memiliki dampat yang lebih besar dari pada merokok, karena begadang adalah saat tubuh mengeluarkan racun.

7. Berjemurlah Setiap Pagi Selama 15 Menit
Berjemur di pagi hari pada pukul 06.30 hingga 8.00  mendapat vitamin D, agar kulit anda terasa sehat dan kelihatan putih langsat.

8. Hindarkan Pikiran Stres
Bagi wanita stress adalah penyakit rawan yang banyak penyebabnya seperti di putus pacar, di selingkuhin dan sebagainya. Tahukah anda resiko stress berlebihan? kebanyakan wanita yang mengalami stress pasti pingsan bukan?

Resiko stress sering di iringi dengan shock, resikonya yang ringan adalah tidak bisa tidur, pingsan, menangis, wajah pucat, letih, dan lesu. Resiko yang paling besar adalah terserang penyakit jantung, mudah terserang penyakit.

9. Melakukan Perawatan Diri
Bagi wanita pasti hukumnya wajib, banyak hal yang bisa dilakukan dalam perawatan diri seperti ke salon, krimbat, berhias diri dan lain sebagainya.

Ay0k! Share Ini..

Comments

  1. By langgreds

    Balas

    • By Hanieva-Khun

      Balas

  2. Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>