Gaya Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

5 Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Diabetes  – Pola gaya hidup sehat bagi penderita diabetes memang wajib dilakukan, mengapa hal ini perlu dilakukan?, satu alasan yang menyebabkan mengharuskan penderita melakukan gaya hidup sehat yaitu karena memang segala sesuatunya sudah berakhir tinggal menunggu jatah umur. Pasti anda tercengang mendengarnya dan segera mungkin menutup browser lalu berdoa, namun jangan khawatir simak terus pasti dapat meluruskan.

gaya hidup sehat yang buruk

gaya hidup sehat yang buruk

Anggapan yang beredar dimasyarakat penyakit diabetes memang tidak memungkinkan untuk sembuh, anggapan ini telah dibantah oleh dokter spesialis berkali kali. Sebagian banyak orang telah sembuh dan kembali normal bahkan tanpa bantuan obat-obatan setelah dokter mendiagnosis bahwa penderita terkena penyakit diabetes. Apa yang menyebabkan demikian ?

Tentunya adalah gaya hidup sehat, dalam dunia medis terdapat 4 tahap, yang mana tahap pertama yang diberikan oleh pasien adalah mengatur gaya hidup sehat dengan cara diet. Kedua pemberian OHO, ketiga pemberian insulin dan yang keempat adalah tahap terakhir atau yang dianggap masyarakat sebagai jalan hidup akhir yaitu menstabilkan kadar gula dan dokter hanya bisa bertindak sebagai konsultan saja. Jika anda penasaran mengenai 4 tahap penyembuhan diabetes secara medis dapat langsung dibaca disini.

 

5 Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

5 tips ini diambil dari rujukan 4 tahap prosedur dokter dalam bertindak menangani diabetes sebagai langkah awal yaitu diet (prosedur 1) . Tahap awal prosedur dokter merupakan tahap dimana seseorang dapat sembuh total 80% tergantung dari diet dengan “niat” atau “pasrah”.

Berikut ini adalah ulasan 5 tips diet bagi penderita diabetes :

 

1. Buatlah Jadwal Rutinitas
Tentunya komponen utama dalam menjalani diet adalah jadwal. Apa saja yang perlu dibuatkan jadwal ?

  • Catatan mengenai jenis makanan apa saja yang masuk dalam tubuh
  • Apa saja yang dimakan setiap jadwal makan yang anda buat ?
  • Jam berapa sajakah anda berolahraga ?

3 hal ini akan lebih baik anda konsultasikan dengan dokter yang bersangkutan, namun jika anda tidak mempunyai waktu, anda dapat berkonsultasi bagaimana cara diet pada ibu atau teman wanita yang suka diet.

2. Jangan Memakan Nasi Terlalu Banyak
Nasi mengandung karbohidrat yang memiliki pengaruh peningkatan pada kadar gula anda, bukan berarti tidak boleh, namun alangkah baiknya dihindari dan memilih karbohidrat yang memiliki serat tinggi seperti beras merah, gandum, kentang dan ubi.

Hindari pula mengkonsumsi soda, alkohol dan makanan yang mengandung rasa manis biasa terdapat pada snack, hal ini dapat memicu lonjakan drastic pada kadar gula darah anda.

3. Memilih Makanan Yang Sehat
Bagi penderita diabetes memang segalanya tidak boleh dimakan, dalam hal ini pasti dokter pada umumnya menyarankan makananan yang mengandung serat dan potasium dan untuk karbohidrat hanya pada batas tertentu.

Mengapa harus potasium ? perlu diketahui bahwa penyakit diabetes sangat rawan dengan resiko penyakit jantung, jika tidak dibarengi dengan makanan yang mengandung potasium, ditakutkan disamping penyembuhan diabetes, penyakit jantung mengintari diri anda.

Berikut ini adalah makanan yang mengandung potasium :

  • Ubi. Mengandung 694 mg potasium dan 131 kalori yang baik buat tubuh untuk diet pada umumnya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat bagi penderita diabetes setiap hari memungkinkan anda dapat menurunkan kadar gula dan menurunkan resiko penyakit jantung
  • Daun Bit. Seperti yang disarankan oleh dokter pada umumnya, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi sayuran, tanaman ini memiliki 644 mg potasium. Biasa dimanfaatkan pada akarnya ataupun daunnya.
  • Ikan pada umumnya hamper mengandung lebih dari 300 mg potasium, kandungan lemaknya dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Lemak pada ikan berbentuk cair berbeda dengan lemak pada sapi atau ikan yang padat. lemak pada ikan mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh, maka dari itu alasan orang jepang lebih suka memburu lemak ikan.

 

Berikut ini adalah makanan yang mengandung serat :

  • Ubi . dalam ubi juga mengandung kaya serat yang dapat menggantikan nasi bagi penderita diabetes sebagai pola diet
  • Beras merah. Meski sama-sama beras putih dan merah. Beras merah lebih baik dari pada nasi yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah.
  • Bayam. Sudah tak asing lagi keberdaaannya, bayam cukup mudah dicari di pasar.

 

Berikut ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat :

  • Ubi. Sudah dijelaskan ubi merupakan peganti nasi, ubi dipilih karena baik untuk penderita diabetes
  • Brokoli
  • Bayam

 

Note: Semua jenis makanan diatas dipilih karena baik untuk penderita diabetes (tidak aneh-aneh), tapi ingat ini adalah ‘diet’ bukan memperbanyak asupan makanan. Anda juga harus jeli dalam memilih makanan selain diatas, meski sama-sama mengandung karbohidrat, potasium, serat bukan berarti baik untuk penderita diabetes contohnya adalah seperti nasi.

 4. Hindarkan Merokok, Cermat Memilih Makanan Yang Manis, Tidak Meminum Alkohol
Tips gaya hidup sehat untuk penderita diabetes yang keempat adalah resiko lonjakan paling tinggi diakibatkan pola yang tidak sehat. Seperti merokok, dalam bungkus rokok pun sudah dijelaskan bukan? Rokok dapat menyebabkan jantung dll :D , makanan manis seperti snack, minuman bersoda, jika ingin mengkonsumsi yang manis sebaiknya dalam takaran kecil dan alami contoh buah mengkudu, apel dll.

5. Olahraga
Tips gaya hidup sehat yang penting adalah olahraga. Bagaimana dengan cara diet, jika tidak dibarengi olah raga ? hal ini sangat mustahil. Kebanyak seorang penderita diabetes mellitus 1 diakibatkan oleh kegemukan, maka olah raga pun sangat disarankan sebagai pembakaran lemak. Tips memilih olahraga yang baik adalah sesuai kemampuan, salah satu olahraga yang paling ringan adalah aerobik, push up dan sit up.

6. Tips Tambahan
Seperti yang saya sampaikan diatas, banyak penderita diabetes yang dapat sembuh tanpa obat-obatan, hanya memanfaatkan buah. Baca selengkapnya rahasia pengobatan diabetes mellitus secara alami disini.

Tips tambahan ini boleh dilakukan ataupun juga tidak, namun alangkah lebih baik jika anda menerapkan gaya hidup sehat dan obat alami

 

 

 

Terima kasih, semoga bermanfaat tips kesehatannya.

Ay0k! Share Ini..

Comments

  1. By Jhon

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>