Kanker Darah Pada Anak Kecil Wajib Dipantau Sebelum Terlambat

Kanker Darah Pada Anak memang menjadi ketakutan bagi orang tua, karena pada masa anak merupakan masa – masa ceria, dan mengenal lingkungan bersama teman teman sebaya. Bagaimana justru sebaliknya, bila anak dihadapkan dengan penyakit serius dan mematikan? Justru anak menjadi lesu, letih, tidak bersemangat dan seakan – akan hidupnya cuma mampir melihat sosok ibu dan bapaknya saja di dunia.

kanker darah pada anak

kanker darah pada anak

Apa itu Kanker Darah?

Kanker darah atau Leukemia merupakan kelainan memproduksi sel darah putih yang terlalu banyak atau tidak normal sehingga menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang.

Sedangkan sumsum tulang berfungsi sebagai tempat produksi sel darah merah dan putih.

perbedaan sel kanker darah normal dan abnormal

perbedaan sel kanker darah normal dan abnormal

Apa Yang Terjadi Bila Sumsum Tulang Anda Sehat ?

Sumsum tulang yang sehat, secara normal akan memproduksi sebagai berikut :

  • Sel darah putih, akan membantu anda menyembuhkan infeksi luka pada tubuh anda
  • Sel darah merah, membuat badan anda merasa lebih segar, karena oksigen dapat disebar ke seluruh anggota badan
  • Trombosit, membekukan darah bila terjadi pendarahan berlebihan

 

Lantas Bagaimana Cara Mewaspadai Ciri Anak Terkena Kanker Darah ?

Anak kecil atau anak remaja selalu meremehkan penyakit ini, bahwa mereka tampak terlihat sehat namun sebenarnya mereka terkena penyakit kanker darah jenis kronis. Apa itu kanker darah kronis? Yaitu kanker yang dirasakan oleh penderita secara  perlahan – lahan dan berkembang, dan baru terdeteksi setelah bertahun – tahun lamanya. Berbeda dengan kanker jenis akut yaitu perkembangannya cepat dan mematikan.

mengawasi anak kecil yang terkena kanker

mengawasi anak kecil yang terkena kanker

Maka dari itu, perlunya orang tua mewaspadai ciri anak terkena kanker yaitu :

1.Apakah Bapak Atau Ibu Dari Anak Tersebut Memiliki Penyakit Kanker Darah?

Bila iya, maka resiko dipastikan anak terkena kanker darah adalah 80%, maka segera konsultasikan ke dokter agar diberikan imunisasi atau pencegahan terjadinya kanker darah.

2. Apakah Anak Memiliki Kelainan Genetik Seperti Sifat Labil atau Sindrom Down?

Bila iya, presentase kanker darah berkisar 70%, sindrom down memiliki ciri yang mudah dikenali yaitu memiliki keterbelakangan mental.

3. Apakah Anak Anda Merokok?

Bila iya, segera hentikan, meski merokok tidak menimbulkan gejala kanker darah secara langsung, namun sebenarnya akan menimbun tiket untuk terkena kanker darah. Untuk terserang penyakit kanker darah menurut penelitian dibutuhkan kurang lebih 10 tahun merokok.

4. Apakah Anak Anda Sering Mimisan & Pusing?

Bila iya segera di lakukan tes darah, untuk menyakinkan penyakit apa yang diderita tersebut, namun ada ciri khusus mimisan untuk memastikan bahwa itu kanker darah yaitu seringnya mimisan dan disertai kepala pusing, sering terjatuh.

5. Apakah Anak Anda Sering Mengalami Muntah – Muntah?

Muntah muntah memang banyak penyebabnya, seperti penyakit gas kritis dari lambung, namun kanker darah juga bisa membuat lambung mual.

6. Terjadi Bintik Bintik Merah Pada Kulit, dan Memar

7. Mudah Lelah

 

Apa Resiko Penyakit Kanker Pada Anak Jika Dibiarkan?

Resiko kanker darah memang sangat sulit disembuhkan, bahkan hampir seluruh penderitanya di vonis mati dan ada yang di vonis lima tahun bertahan hidup dan berbeda beda.

Untuk penderitanya akan mengalami gangguan – gangguan psikologi, seperti tidak berdaya untuk hidup di kemudian hari, dan menghancurkan masa depannya. Maka dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat penanganan yang tepat.

 

Apakah Bila Anak Kecil Atau Usia Remaja Terkena Kanker Bisa Disembuhkan?

Jawabnya bisa iya dan tidak, tergantung doa dan keputusan tuhan, namun dari beberapa penelitian kanker darah dapat disembuhkan dengan mudah bila tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh atau masih stadium awal.

5 pengobatan yang sering digunakan dokter antara lain :

1.Kemoterapi

2. Radioterapi

3. Terapi Terfokus

4. Terapi Biologis

5. Transplantasi sel induk atau dikenal dengan istilah lain yaitu donor sumsum tulang, dengan menggunakan sumsum tulang orang lain maka anda akan kembali pulih, normal dan sehat dari kanker darah.

 

Itulah penjelasan singkatnya, semoga ibu dan bapak bisa memantau terus perkembangan anaknya, tak hanya dari prestasinya melainkan dari kesehatannya. Terima kasih semoga bermanfaat.

 

 

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>