Pengertian Batu Ginjal Adalah

Pengertian Batu Ginjal – Istilah pengertian batu ginjal ini muncul di dunia medis yang terdiri dari 2 suku kata batu dan ginjal, memiliki arti singkat batu yang terdapat dalam organ ginjal. Dalam badan WHO pengertian batu ginjal adalah massa keras seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih (Pratomo,2007). Besaran batu yang terdapat dalam ginjal sangat bermacam-macam mulai dari ukuran sebutir pasir hingga setebal 3 CM yang dapat mengisi ruang pada saluran pelvis atau saluran urine.

 

Pengertian Batu Ginjal

Pengertian Batu Ginjal

Rata-rata penyakit batu ginjal diderita oleh kaum usia lanjut sekitar umur 40 tahun keatas, namun juga tak luput pada umur usia muda. Laki – laki mempunyai resiko lebih besar terserang batu ginjal dari pada kaum perempuan, dengan perbandingan 4:1

 

Gejala batu ginjal

Gejala batu ginjal sangat bermacam-macam, mulai dari tidak terasa sakit apapun sampai merasakan sakit yang luar biasa. Batu ginjal seukuran butir pasir tidak akan merasakan sakit apapun karena tidak menyumbat di saluran ureter dan dapat dikeluarkan urine dengan meminum air sebanyak 8 gelas sehari. Gejala batu ginjal lain dapat dirasakan sakit yang luar biasa pada penderitanya jika menyumbat di saluran ureter, hal yang di alami pun bermacam-macam antara lain:

  • Muntah – muntah
  • Kembung kemih menggelembung disebabkan karena pengeluaran toksin yang tersumbat oleh batu ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal dan kematian
  • Sakit pinggang yang sangat luar biasa berada dalam di sekitar tulang rusuk
  • Terjadinya pendarahan saat mengeluarkan urine
  • Demam disertai nyeri sekujur tubuh
  • Merasakan sakit pada daerah kemaluan

Namun dengan gejala-gejala diatas tidak dapat diagnosa secara pasti karena untuk memastikan tetap harus menjalankan pemeriksaan USG atau dikenal dengan X-Ray.

 

Pengobatan Batu Ginjal

Sahabat Tips Kesehatan. Terdapat dua cara pengobatan batu ginjal yaitu dengan pengobatan herbal dan juga pengobatan dengan medis. masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

1. Pengobatan secara medis

Pengobatan biasa dilakukan dengan meminum banyak air putih dan meningkatkan air kemih yang membantu pembuangan batu ginjal seukuran pasir-pasir. Untuk pengobatan batu ginjal yang menyumbat saluran dilakukan dengan :

  • Sayatan luka kecil untuk menggangkat batu ginjal
  • Memecahkan dengan gelombang ultrasonik (ESWL) untuk berukuran batu ginjal tidak lebih dari 1 CM
  • Untuk batu ginjal seukuran 10 CM tidak dapat dihancurkan dengan gelombang ultrasonik ataupun dengan sayatan, namun harus dilakukan pembedahan atau operasi

 

2. Pengobatan secara herbal

Pengobatan dengan memang bisa dibilang pertolongan pertama sebelum batu ginjal tersebut membesar. Menurut riset penelitian herbal yang efektif mampu melarutkan kristal batu ginjal adalah tanaman daun sendok. Baca selengkapnya mengenai penggunaan daun sendok sebagai obat batu ginjal dan baca juga makanan untuk menurunkan resiko terkena penyakit gagal ginjal.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>