Pengertian Hemoglobin Dalam Darah Manusia

Pengertian Hemoglobin Dalam Darah ManusiaHemoglobin atau disingkat dengan HB merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah yang mempunyai tugas utama untuk menghantarkan oksigen ke paru-paru.

pengertian hemoglobin

hemoglobin

Kadar hemoglobin antara satu orang, negara, jenis kelamin sangat sulit ditetapkan, namun oleh badan WHO telah menetapkan hemoglobin berdasarkan umur dan jenis kelamin. Dikutip dari buku arisman tahun 2002, data WHO sebagai hemoglobin normal berikut :

  1. Anak – anak usia 6 bulan – 6 tahun memiliki hemoglobin 11,0 gr/dl
  2. Anak – anak usia 6 tahun – 14 tahun memiliki hemoglobin 12,0 gr/dl
  3. Pria dewasa memiliki hemoglobin 13,0 gr/dl
  4. Ibu hamil memiliki hemoglobin 11,0 gr/dl
  5. Wanita dewasa memiliki hemoglobin 12,0 gr/dl

 

Dalam beberapa kasus untuk mengetahui kadar hemoglobin tidak bisa diketahui oleh beberapa gejala seperti hemoglobin rendah yang rentan memiliki wajah pucat, letih, lesu dan sebagainya. Untuk mengetahui kadar hemoglobin yang pasti dapat dilakukan dengan tes darah. Beberapa akibat dari hemoglobin naik / turun memang tidak berbahaya, namun ada kalanya jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti pada hemoglobin rendah pada bayi. Baca selengkapnya disini.

 

Fungsi Hemoglobin (HB)

Dalam hemoglobin fungsi utamanya adalah menyebarkan oksigen kedalam tubuh, namun dari Depkes RI menjabarkan menjadi 3 bagian fungsi yaitu:

  1. Mengatur perpindahan antara oksigen dengan karbondioksida dalam tubuh
  2. Meneruskan oksigen dalam paru-paru yang dibawa sel darah merah untuk dilanjutkan ke bagian organ yang memerlukan oksigen seperti otak.
  3. Melakukan pembuangan oksigen ke dalam paru-paru sebagai hasil metabolisme

 

 

 

Semoga bermanfaat baca juga informasi lainnya disini.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>