Penyakit Ginjal Adalah

Penyakit Ginjal Adalah Tubuh yang sehat merupakan dambaan bagi kita semua, terlebih lagi pada salah satu organ yang membuat kelangsungan hidup menjadi lancar, yaitu ginjal. Beberapa diantara tidak tahu apa fungsi ginjal dan peran apa yang dimiliki ginjal. Fungsi utama ginjal adalah melakukan penyaringan hingga jadi seperti urin (air kencing).

Penyakit Ginjal Adalah

Penyakit Ginjal

Definisi penyakit ginjal adalah suatu keadaan normal menjadi abnormal pada organ ginjal yang dapat disebabkan oleh kuman, problem fisiologis ataupun metabolisme tubuh. Memang ginjal adalah suatu organ ekskresi yang penting dan tidak selalu menonjolkan sakit sembuh secara berulang-ulang seperti layaknya penyakit batuk, pilek, kepala pusing. Maka dari itu ginjal selalu tidak dihargai atau tidak dijaga kesehatannya, baru ketika sakit ginjal seakan kita menghargai hal itu. Namun ketika seorang terkena penyakit ginjal, kemungkinan sembuh dan rusak selamanya berbanding 50:50 persen, jika rusak pastilah anda harus rutin berkunjung ke rumah sakit tercinta dan menyiapkan sejumlah pesangon sebesar kurang lebih 1.5 juta Rupiah selama 2 minggu sekali untuk cuci darah.

 

Jenis Jenis Penyakit Ginjal

Tak ada salahnya jika kita mengetahui jenis-jenis penyakit ginjal, agar kita lebih waspada untuk menghindarinya :

1. Batu ginjal
Sudah tak asing lagi mendengar kata batu ginjal, yang kerap diartikan dalam masyarakat sebagai batu yang terdapat dalam organ ginjal dan penyakit ginjal ini yang kerap terjadi. Batu yang terdapat ginjal ini terbentuk oleh sejumlah mineral yang mengeras dan melewati penyaringan ginjal (filtering blood). Batu tersebut dapat bermacam-macam bentuk, dapat berukuran sebutir pasir yang dapat larut dengan sendirinya jika meminum 8 gelas perhari atau bahkan juga batu ginjal yang berukuran 10 cm yang disebabkan karena menumpuknya butir-butir yang semula berukuran sebutir pasir hingga menjadi gumpalan keras dan tebal. Tips baca juga menangani batu ginjal secara alami.

2. Gagal Ginjal (Anuria)
Gagal ginjal merupakan kegagalan dalam membuat urin. Hal ini disebabkan oleh tubulus yang mengalami kerusakan akibat makanan, minuman yang mengandung zat kimia berbahaya. Kelebihan garam dalam ginjal juga dapat mengakibatkan gagal ginjal biasa terjadi ketika seorang menghidap penyakit diabetes. Makna serupa juga diberikan pada gagal ginjal yaitu seseorang yang tidak mempunyai fungsi ginjal (disfungsi ginjal), sehingga kondisi ini penderita wajib melakukan cuci darah menggunakan alat hemodialisis atau pilihan lain penderita harus melakukan cangkok ginjal, biasa dikenal dengan mendapat donor ginjal dari golongan yang sama.

3. Infeksi Ginjal (Pyelenophrits)
Merupakan jenis penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Infeksi ginjal ini diakibatkan terjadinya infeksi pada saluran kemih. Jenis penyakit ginjal ini disebabkan oleh bakteri ataupun kuman, langkah secara medis dalam melakukan pengobatan dengan memberikan sejumlah antibiotic secara teratur pada pasien.

 4. Peradangan (Glomerulomephritis)
Merupakan peradangan yang terjadi pada glomeruli ginjal. Hal ini biasa disebabkan oleh kurangnya sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus (sistem imun). Gejala yang umum adalah terjadi pendarahan ketika mengeluarkan urin.

 

Terima Kasih, Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>