Apa Penyebab Gagal Ginjal Usia Muda ?

Penyebab Gagal Ginjal Usia MudaSeperti layaknya trend penampilan yang layaknya diincar oleh kaum remaja, ternyata trend penyakit pun juga mengicar para kaum remaja. Penyakit apakah itu? Penyakit ginjal. Memang dalam riset penelitian seseorang yang memiliki resiko besar terkena gagal ginjal adalah seorang yang berumur atau usia 60 tahun keatas, maka tak heran dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan ginjal seperti dr Tunggul menyarankan untuk melakukan pengecekan rutin kesehatan ginjal anda.

Seperti yang dijelaskan pada laman bagian sebelumnya bahwa menurut hasil penelitian di RSSA Malang menunjukkan 79% yang melakukan cuci darah adalah kaum muda. Tak hanya itu dikutip dari berita tempo 24 juli 2013 “sekarang ini pasien yang cuci darah usianya masih muda-muda,” kata Risma walikota Surabaya.

Cintai Usia Muda Anda Dengan Sehat Ginjal

Cintai Usia Muda Anda Dengan Sehat Ginjal

Lantas apa yang terjadi?, trend-lah yang menyebabkan gagal ginjal usia muda seperti pola gaya hidup, pekerjaan, dan pola asupan tubuh. Tanpa anda sadari pekerjaan juga dapat menyebabkan gagal ginjal seperti kantoran yang duduk terus menerus yang menyebabkan terhimpitnya saluran ureter pada ginjal. Asupan tubuh merupakan hal primer yang menyerang kaum usia muda, sering kali ditemukan pada kaum muda terutama mahasiswa yang mengkonsumsi minuman berbahaya dan suplemen penguat badan agar tetap fit dalam menjalankan aktifitasnya. Agar lebih jelas  minuman seperti apakah yang berbahaya baca disini.

Namun kembali lagi faktor pemicu gagal ginjal pada usia muda ataupun tua adalah kurangnya minum air putih, 80% seseorang yang mengkonsumsi air minimal 8 gelas dalam sehari dapat melarutkan batu kristal pada saluran urine, ureter pada ginjal. Dalam pengobatan seorang yang mengalami gagal ginjal memang sudah tidak bisa di dunia medis, banyak orang masyarakat penderita gagal ginjal hidupnya hanya separuh tidak dapat bekerja terlalu keras dan selalu bergantung pada uang. Ada 2 jenis alternatif menyikapi gagal ginjal yaitu melakukan cuci darah 2 minggu sekali dengan harga kurang lebih 1,5 juta rupiah, alternatif kedua adalah penderita gagal ginjal usia muda disarankan untuk melakukan transplantasi ginjal atau pencakokan (donor) ginjal, sehingga pasien usia muda dapat sembuh dengan total dan dapat melanjutkan aktifitasnya pada umumnya.

 

Faktor Penyebab Gagal Ginjal Usia Muda

Faktor gagal ginjal sama seperti pada umumnya, terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Prenal
  2. Renal
  3. Postrenal

Namun dari ketiga faktor tersebut, yang paling mempengaruhi pada kalangan usia muda adalah postrenal atau batu ginjal yang sudah membesar akibat kurangnya minum air putih dan selalu mengkonsumsi minuman zat kimia. Untuk detail mengenai 3 faktor penyabab, anda dapat membaca selengkapnya disini.

Ay0k! Share Ini..

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>