Penyebab Hemoglobin Rendah Pada Bayi (Anemia)

4 Penyebab Hemoglobin Rendah Pada BayiTak disangka beberapa ibu yang kurang pengetahuan tentang mengenai anemia dapat berbahaya bagi si bayi. Dampak biasa yang mungkin dialami oleh bayi adalah rewel, gelisah, pucat, diare dan tidak nafsu makan sedangkan untuk dampak yang berkelanjutan / tidak ditangani adalah gangguan fungsi otak permanen ketika tumbuh dewasa nantinya. Bila sudah terkena gangguan fungsi otak dapat berakitbat gangguan mental dan sifatnya tidak dapat dirubah meskipun hemoglobin sudah normal.

hemoglobin rendah pada bayi

hemoglobin rendah pada bayi

Penyakit anemia sebenarnya merupakan penyakit ringan dan mudah disembuhkan, akan tetapi sebagian ibu tidak mengerti kalau si bayi tersebut terkena anemia atau hemoglobin rendah sehingga menyebabkan dampak yang besar karena terus dibiarkan.

 

Kenali 4 Penyebab Hemoglobin Rendah Pada Bayi Atau Anemia

Penderita hemoglobin rendah atau anemia terbesar adalah indonesia, menurut Prof. DR. Dr. Solichin Pudjiadi, penyebab paling umum pada masyarakat indonesia adalah kekurangan zat besi dari asupan makanan, namun pada bayi cukup diberikan ASI karena mengandung zat besi tinggi yang mudah larut dalam tubuhnya dibandingkan dengan asupan makanan yang membutuhkan sistem pencernaan yang kuat.

Berikut ini adalah penyebab terjadinya Hemoglobin rendah pada bayi (anemia) :

1. Kekurangan zat besi
Kekurangan mengkonsumsi makanan seperti bubur untuk asupan bayi menyebabkan sistem kekebalan tubuh berkurang. Rata-rata jumlah gizi zat besi yang dibutuhkan bayi berkisar antara 4-5 mg.

 2. Pengaruh Nutrisi Ibu
Penyebab hemoglobin rendah pada bayi bisa terjadi pada ASI ibu, apakah ibu tersebut memiliki kecendrungan kekurangan gizi atau merokok ketika menyusui. Karena ketika si ibu merokok dapat menyebabkan ASI tersebut terhambat bahkan dapat memungkinkan beracun biasa ditandai dengan si bayi tidak mau meminum ASI ibunya sendiri. Baca selengkapnya infeksi rokok pada bayi disini.

3. Kehilangan Darah
Kehilangan darah biasa disebabkan oleh pemeriksaan darah pada bayi yang berulang-ulang dengan keperluan untuk mengidentifikasi penyakit melalui tes laboratorium (tes DNA)

4. Penghancuran Sel Darah Merah
Penyebab hemoglobin rendah yang keempat terjadi akibat kelainan sel darah merah (sferis), kelainan hemoglobin (talasemia) dan infeksi ketika bayi masih dalam kandungan. Penyebab terbesar penyakit ini dipengaruhi oleh orang tua atau dikenal dengan penyakit riwayat (turunan).

 

Pengobatan Hemoglobin Rendah Pada Bayi

  1. Kekurangan zat besi bisa disikapi dengan memberikan asupan makanan seperti bubur, zat besi haem dan makanan lain yang memiliki zat besi tinggi. Utamakan ASI karena didalam ASI memiliki zat besi yang tinggi.
  1. Untuk si ibu memiliki kecendrungan memiliki gizi buruk dapat memberikan asupan nutrisi buatan seperti susu bayi, bubur dan hentikan merokok selama ibu masih menyusui bayinya.
  1. Kehilangan darah dalam dunia medis dilakukan dengan memberikan transfusi darah, dan selalu memonitor rutin tiap bulannya ke dokter
  1. Penghancuran sel darah merah dalam dunia medis dilakukan dengan penggantian darah atau transfusi dengan darah segar dan si ibu juga dilakukan dengan tindakan pembuangan blilirubin dan anti bodi, jika tidak maka sel darah merah pada bayi ikut dihancurkan oleh sel anti bodi ibu

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat baca juga informasi lainnya disini.

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>