Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

Posisi tidur sehat – istirahat merupakan kebutuhan manusia yang tidak terpisahkan, seseorang yang kuat sekalipun dan berstamina tinggi tentunya membutuhkan istirahat, istirahat pun banyak cara dalam melakukannya yaitu refresing, game, dan yang mutlak adalah tidur.

Posisi tidur sehat memang banyak diabaikan oleh banyak orang, padahal waktu yang paling penting dalam mengembalikan keseimbangan fisik, psikis, dan stamina adalah saat tidur. Menurut penelitian dari california oleh Dr. Melamed menyatakan bahwa “90 percent of a person’s wrong sleeping position will experience neck vein pressure” atau 90% seseorang yang salah dalam posisi tidur terkena dampak pada tekanan pada leher atau pegal-pegal seharian.

Perlu diketahui seseorang yang kurang tidur atau bergadang dapat mengakibatkan mengalami banyak gangguan kesehatan pada organ. Hal yang paling umum seseorang mengalami keriput

para pakar saraf dari klinik Norwood di kota Birningham berpendapat bahwa ketika seseorang mengalami posisi tidur yang tidak sehat makan dapat menyebabkan keriput wajah dikarenakan sel kulit tidak akan tidur meski mata sudah tertutup. Sehingga salah posisi tidur juga sama seperti tidak tidur, meski lebih parah pada seseorang yang tidak tidur.

 

Untuk mengistirahatkan tubuh secara optimal kenali 10 tips sebelum tidur juga,

berikut ini adalah posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

1. Tidur Menyamping

Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

gambar tidur menyamping

 

Posisi tidur menyamping yang baik adalah menghadap ke kanan, dikarenakan jantung terletak pada kiri dada, sehingga jika posisi tidur menghadap ke kiri dapat menghambat dan menekan aliran darah saat jantung memompa dan membuang toksin dalam tubuh.

 

 

2. Tidur Terlentang

Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

gambar tidur terlentang

 

Tidur Terlentang merupakan tidur yang paling netral dikarenakan tulang punggung, leher, tulang rusuk tidak mengalami penekanan, sehingga pernapasan, aliran darah tidak terhambat. Namun pada sebagian orang tidak cocok dengan posisi ini dikarenakan memiliki penyakit bungkuk. Selalu gunakan bantal yang sesuai dengan kenyamanan leher anda, dikarenakan posisi netral tersebut sangat rentang dipengaruhi oleh alas leher, jika salah dapat mengakibatkan pegal pada leher saat terbangun.

 

3. Tidur Bintang Laut

Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

gambar model tidur bintang laut

 

Tidur bintang laut merupakan tidur dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala, keuntungan dari model ini, dapat mencegah terjadinya kerutan pada wajah.

 

 

 

Berikut ini adalah posisi tidur sehat yang tidak baik atau tidak dianjurkan:

1. Tidur Tengkurap

Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

model tidur tengkurap

Tidur tengkurap merupakan tidur yang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan nyeri pada dada, kesemutan dan gigi dapat tertekan/patah jika terlalu lama. Menurut dokter gigi Dr Mani Bhardwaj dari london, seseorang yang tidur tengkurap dalam menyebabkan rahang bawah akan sedikit lebih maju dan menyebabkan kerusakan yang signifikan.

 

Selain itu menyebabkan ketegangan posisi tengkurap leher, karena setiap 10 menit harus memutar ke kiri dan kekanan, jika tidak maka terjadi kompresi saraf yang dapat meningkatkan resiko arhritis seiring meningkatnya usia. Kelemahan tidur tengkurap adalah leher tidak rileks pada saat tidur pulas.

2. Tidur Menyamping dengan Kaki Diangkat Ke Dada (Urang)

Posisi tidur sehat bagi kesehatan organ

model tidur tidak sehat

 

Gaya tidur seperti ini dapat mengakibatkan bungkuk pada tulang belakang, sangat tidak dianjurkan oleh para dokter. 30 persen pemicu orang bungkuk karena tidur seperti gaya urang.

 

 

 

Berikut ini adalah dampak posisi tidur tidak sehat :

1. Kerutan Wajah
Kemunculan kerutan memang dialami pada usia 40 keatas oleh sebagian banyak orang, selain terkait dengan usia ternyata menurut riset dokter dewangga menuturkan penyebab kerutan wajah adalah pola tidur yang tidak teratur dan posisi tidur yang salah

2. Bagian Leher
Sebagian orang menyepelekan posisi tidur, kesalahan posisi tidur sehat juga mengakibatkan leher nyeri, punggung dan bahu.

3. Stamina Tidak Kembali Optimal
Sudah jelas tentunya seperti makan nasi dan krupuk maka nutrisi pun kurang, kesalahan posisi tidur juga dapat mengakibatkan regenerasi waktu tidur tidak sempurna.

 

Sumber :

http://www.merdeka.com/sehat/posisi-tidur-miring-adalah-yang-paling-sehat.html

Ay0k! Share Ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>